Bukan Pernikahan Cinderella

Setiap rumah tangga pasti mengalami permasalahan, namun jangan takut, karena di mana ada permasalahan, selalu ada jalan keluar. Lalu apa yang harus dilakukan untuk membuat pernikahan kita langgeng???

Pertama, jaga komitmen. Ini berarti diperlukan ekstra energi dan waktu. Kelanggengan Pernikahan dan romantimenya berpulang kepada kesungguhan kita, sejauh mana sih kita mau mendedikasikan diri pada rumah tangga?? maukah kita hidup berbahagia dengannya, bersama-sam, dan bukan mementingkan kebahagiaan kita sendiri? seperti kata filsuf Jerman, Gottfried Wilhelm von Leibneitz, "Mencintai adalah meletakkan kebahagiaan kita ke dalam kebahagiaan orang lain".

Kedua, bekali dengan ilmu. komitmen dan semangat saja tidak cukup untuk merawat pernikahan. Harus dilandasi Ilmu. seperti kata-kata hikmah; "Al ilmu nuurun, wa jahlu zhulmun" Ilmu itu adalah cahaya sedangkan ketidaktahuan itu adalah kegelapan. Pengetahuan tentang merawat pernikahan adalah laksana cahaya sehingga mampu membuat jalan kita menuju kehidupan rumah tangga yang bahagia terang benderang. Selain itu ilmu juga akan mengantarkan kita pada sikap bijaksana dan lapang dada.

Ketiga, mendekatkan diri (Taqarrub) kepada Allah. Sekuat-kuat manusia, sejatinya tetaplah ia adalah makhluk yang terbatas, baik fisik maupun pikirannya. Manusia tak bisa hanya mengandalkan akal fikirannya semata untuk menyelesaikan masalahnya, namun membutuhkan kekuatan dan bimbingan dari Rabb penciptanya. Sebab itulah, kedekatan kepada Allah harus senantiasa dibangun, sehingga jiwa ini tidak melulu dipenuhi dengan rasio dan perasaan, namun penuh dengan nuansa keimanan dan petunjuk dari Allah SWT dalam menyelesaikan berbagai masalah rumah tangga.

Sumber : Buku "Bukan Pernikahan Cinderella"  - Ustadz Muhammad Iwan Januar